Rabu, 10 Agustus 2011

Gaya Magnet


GAYA MAGNET
 

I.                     TUJUAN
1.         Untuk mengetahui bahwa magnet dapat menarik benda-benda tertentu.
2.        Untuk mengetahui jenis-jenis benda yang dapat ditarik oleh magnet.

II.                    ALAT DAN BAHAN
a.        Magnet batang
b.        Jarum jahit
c.        Aluminium
d.        Seng
e.        Seutas benang jahit
f.         Potongan plastik
g.        Potongan kertas
h.        Statif
i.         Isolasi plastik

III.                  CARA KERJA
a.        Dekatkan magnet batang dengan bahan yang tersedia tetapi tidak sampai bersentuhan
b.        Amati apa yang terjadi!

IV.                  TEORI
Magnet berasal dari kata “magnesia” yang artinya nama sebuah daerah kecil di Asia. Dahulu, di tempat itulah orang pertama kali menemukan batu yang mampu menarik besi. Batu itu kemudian di namakan magnet. Magnet tersebut tergolong magnet alam. Setelah manusia menguasai teknologi, maka dibuat magnet buatan. Berbagai benda dapat ditarik oleh magnet tersebut. Tetapi hanya benda-benda tertentu yang mampu ditarik oleh magnet.
Magnet mempunyai sifat-sifat antara lain :
1.         Mampu menarik benda-benda tertentu
Magnet dapat menarik benda-benda yang terbuat dari logam tertentu, seperti besi, nikel, dan kobalt. Sedangkan benda lain tidak dapat ditarik oleh magnet karena tidak mengandung salah satu dari logam tersebut.
2.        Kekuatan gaya magnet
Gaya magnet mampu menembus penghalang, yaitu benda nonmagnetik. Gaya tarik magnet masih berpengaruh terhadap benda magnetis dibalik penghalang tersebut. Namun jika penghalang itu terlalu tebal, maka pengaruh magnet bisa hilang. Dengan demikian, kekuatan gaya tarik magnet dipengaruhi oleh ketebalan penghalang antara magnet dan benda magnetis. Selain itu juga dipengaruhi oleh jarak magnet dengan benda magnetis.
3.        Magnet mempunyai dua kutub
Magnet mempunyai dua kutub, yaitu kutub utara dan kutub selatan. Dua kutub yang senama akan tolak-menolak dan dua kutub yang berbeda akan tarik-menarik.

4.        Kegunaan magnet
Magnet digunakan pada berbagai macam peralatan mulai dari yang sederhana sampai yang rumit.
5.        Membuat magnet
Selain magnet alam, terdapat juga magnet buatan. Ada beberapa cara membuat magnet buatan, yaitu :
a.        Cara induksi
Benda magnetis yang menempel pada magnet dapat menjadi bersifat seperti magnet. Benda ini dapat menarik benda-benda magnetis lainnya. Sifat kemagnetan tersebut hanya berlangsung sementara. Jika benda dilepaskan dari magnet. Maka sifat kemagnetannya akan hilang.
b.        Cara gosokan
Pembuatan magnet dapat dilakukan dengan cara menggosok-gosokkan besi atau baja dengan kutub sebuah magnet. Semakin banyak gosokan yang dilakukan, semakin kuat sifat kemagnetan dari besi atau baja tersebut. Sifat kemagnetan ini juga bersifat sementara.
c.        Cara aliran listrik
Magnet dapat juga dibuat dengan cara mengalirkan arus listrik. Arus listrik dapat menimbulkan medan magnet. Magnet yang terjadi karena dialiri arus listrik disebut elektromagnetik. Sifat kemagnetan benda yang dialiri arus listrik berlangsung sementara. Jika arus listrik putus, sifat kemagnetan benda akan hilang.

V.                    DATA PENGAMATAN
No
Magnet
Bahan
Tertarik/Tak tertarik
1.
2.
3.
4.
5.
6.
Magnet
Magnet
Magnet
Magnet
Magnet
Magnet
Jarum jahit
Aluminium
Seng
Benang jahit
Plastik
Kertas
Tertarik
Tak tertarik
Tertarik
Tak tertarik
Tak tertarik
Tak tertarik
VI.                  PEMBAHASAN
Untuk mengetahui bahan-bahan apa saja yang bisa/tidak tertarik oleh magnet, maka kita lakukan percobaan seperti diatas. Hasil dari data pengamatan tersebut dapat kita ketahui bahwa jarum jahit dan seng tertarik oleh magnet. Sedangkan aluminiun, benang jahit, plastik, dan kertas tidak tertarik oleh magnet. Jarum jahit dan seng tertarik mendekati magnet yang kita dekatkan .

VII.                 KESIMPULAN
Setelah kita melakukan percobaan dan mengetahui hasilnya, maka dapat kita simpulkan bahwa magnet dapat menarik benda-benda tertentu yang terbuat dari besi, nikel dan kobalt yang disebut benda magnetik. Sedangkan benda-benda yang lain tidak tertarik oleh magnet dan disebut benda nonmagnetik.

VIII.               PERTANYAAN
Mengapa benda-benda logam yang kecil dapat ditarik oleh magnet batang ?
Jawab : karena benda-benda kecil tersebut mengandung sifat megnetis, sehingga jika didekatkan dengan magnet batang, maka akan tertarik mendekati magnet tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar

kritik dan saran harap menggunakan bahasa indonesia yang baik dan sopan

 

Cerita.. Informasi... dan Bisnis © 2008. Template Design By: SkinCorner