Rabu, 10 Agustus 2011

Vegetatif Alami


PERKEMBANGBIAKAN VEGETATIF ALAMI
 

A.        TUJUAN
Mengidentifikasi tumbuhan yang melakukan perkembangbiakan secara vegetatif alami

B.        ALAT DAN BAHAN
1.       Alat-alat tulis
2.       Tumbuhan yang ada di sekitar anda
3.       Cangkul kecil atau skop

C.        CARA KERJA
1.       Persiapkan alat dan bahan yang diperlukan
2.       Pergilah ke kebun yang ada di sekitar tempat tinggal anda
3.       Carilah jenis-jenis tanaman yang melakukan perkembangbiakan vegetatif alami (misalnya dengan cara bertunas, akar rimpang, geragih dan umbi)
4.       Galilah tanaman jika anda ingin meyakinkan umbi atau akar rimpang
5.       Gambarkan morfologi tumbuhan yang melakukan perkembangbiakan vegetatif alami tuangkan hasilnya pada lembar kerja

D.        TEORI
Reproduksi vegetatif alami adalah reproduksi aseksual yang terjadi tanpa campur tangan pihak lain seperti manusia. Flora atau tumbuh-tumbuhan sama halnya dengan binatang dan manusia sama-sama melakukan kegiatan berkembang biak dengan tujuan untuk menghindari kepunahan pada spesies atau rasnya. Kegiatan berkembangbiak atau beranak ini pada tumbuhan dapat dilakukan secara tidak kawin atau tanpa melalui perkawinan antara sel kelamin jantan betina atau kepala putik dengan benang sari.
   Perkembang Biakan Tak Kawin Secara Alami / Vegetatif Alami
Perkembangbiakan secara alami adalah berkembang biaknya tumbuhan tanpa bantuan tangan manusia untuk terjadi pembuahan / anakan tanaman baru.
a.    Umbi Lapis
Umbi lapis adalah tumbuhnya tunas pada sela-sela lapisan umbi. Contohnya seperti bawang merah.
b.     Umbi Batang
Umbi batang adalah batang yang beralih fungsi sebagai tempat penimbunan makanan dengan calon tunas-tunas kecil yang berada di sekitarnya yang dapat tumbuh menjadi tanaman baru. Contoh seperti jagung dan ketela rambak.
c.     Geragih
Geragih adalah batang yang menjalar secara terus-menerus di mana pada ruas batang dapat muncul tunas-tunas baru. Misalnya seperti tanaman rumput teki, arbei, kangkung, dan lain sebagainya.
d.    Akar Tunggal
Akar tunggal adalah tunas yang muncul pada batang tumbuhan yang tumbuh secara mendatar di tanah. Contohnya seperti keladi, alang-alanga, dll.
e.    Spora
Spora adalah cara tumbuhan paku, lumut dan jamur berkembang biak dengan membentuk spora tempat tunas baru akan muncul.
f.      Tunas
Tunas adalah tumbuhan anakan yang muncul di samping tumbuhan induknya. COntohnya yakni seperti pohon pisang, bambu, tebu, dan lain sebagainya.
g.    Tunas Adventif
Tunas adventif adalah tunas yang tumbuh pada bagian-bagian tertentu seperti pada akar, daun, dsb. Contoh tanaman bertunas adventif adalah seperti pohon cemara, kesemek, sukun, dll
h.    Hormegenium
Hormegenium adalah perkembangbiakan yang terjadi pada tumbuhan ganggang berbentuk benang dengan cara memutus benang yang ada. Pada benang yang terputus nantinya kana tumbuh individu baru.
i.      Pembelahan Sel
Pembelahan sel adalah perkembangbiakan pada tumbuhan bersel satu.

E.         TABEL PENGAMATAN
              
            
 

F.        PEMBAHASAN
Bawang merah merupakan umbi yang berlapis-lapis. Di tengah umbi yang berlapis-lapis tumbuh tunas. Bagian yang berlapis-lapis adalah daun dengan satu atau dua kuncup ketiak. Pada bagian bawah batang, tumbuh akar serabut. Jika umbi tersebut ditanam, akan tumbuh tumbuhan baru. Pada kentang terdapat mata tunas yang apabila ditanam maka akan menjadi tumbuhan baru. Rizoma atau akar tunggal adalah tanaman yang batangnya tumbuh didalam tanah, batangnya itu beruas-ruas dan tumbuh mendatar, di setiap ruas akan tumbuh akar, tanaman ini dapat tumbuh baru jika ditanam kembali seperti tanaman jahe. Tunas pada tanaman pisang tumbuh pada pangkal batang yang terdapat didalam tanah, tunas tersebut akan tumbuh dan membentuk suatu rumpun. Pada tanaman cocor bebek di setiap ujung daun akan muncul tunas dan apabila tunas tersebut ditanam maka akan muncul tanaman baru.

G.        KESIMPULAN
Setiap tumbuhan memiliki ciri-ciri makhluk hidup diantaranya berkembang biak, tetapi diantara kesamaan tersebut banyak sekali perbedaannya, dalam pembahasan kali ini dibahas masalah perkembangbiakan, perkembangbiakan tumbuhan terdiri dari dua yaitu vegetatif dan generative, vegetatif terbagi dua seperti yang kita bahas sekarang yaitu vegetatif alami, dalam perkembangbiakan vegetatif alami ini tumbuhan atau tanaman memiliki berbagai cara untuk berkembangbiak diantaranya bertunas, geragih, umbi lapis, umbi batang, rizoma. Pada hewan ada yang bertunas, membelah diri, fragmentasi, Parthenogenesis. Tapi dalam penelitian kali ini kami hanya membahas pada tumbuhan saja.













0 komentar:

Poskan Komentar

kritik dan saran harap menggunakan bahasa indonesia yang baik dan sopan

 

Cerita.. Informasi... dan Bisnis © 2008. Template Design By: SkinCorner